Pages

akumulasi takdir


Apa yang terjadi saat ini merupakan akumulasi dari pilihan-pilihan kita di masa lalu. Jadi yakinlah, bahwa tidak ada yang namanya kebetulan. Semua yang terjadi saat ini merupakan kumpulan dari titik-titik kejadian yang pernah kita lakukan di masa lalu, entah hanya berupa memutuskan turun angkot di Pasar Simpang atau di Tubagus Ismail. Semua hal, benar-benar semua hal, akan berpengaruh dalam kehidupan kita. Dalam cara yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Siapa yang sangka bahwa pilihan saya untuk parkir motor di Saraga membawa  pada kesempatan untuk membantu menulis buku ini. Sebuah kesempatan yang mungkin tidak pernah terbayang dalam benak sebelumnya. Sebuah kesempatan yang seolah hadir untuk membantu saya mencoret satu kalimat dari sekian banyak kalimat dalam daftar apa-apa yang harus saya capai sebelum umur menunjuk angka tiga dan nol.

“Buku ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang potensi dan manfaat pengembangan biji Kemiri Sunan dengan menggunakan konsep biorefinery. Besar harapan tim penulis bahwa buku ini dapat menjadi referensi untuk para peneliti, Perhutani, pemerintah daerah dan juga masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang lebik baik.” Yusuf Abduh dalam kata pengantar yang dibuatnya untuk buku ini.

Pengangguran in disguise,
Anas