Pages

Sesi berbagi







Beberapa kali saya diundang oleh himpunan-himpunan di kampus ini untuk memberikan pelatihan tentang pembuatan majalah. Mulai dari pembentukan tim majalah hingga proses produksi biasanya saya ceritakan. Yang terakhir dua minggu lalu, saya diundang oleh himpunan mahasiswa teknik lingkungan untuk memberikan pelatihan tentang layouting. Selalu menyenangkan untuk berbagi pengalaman kepada orang lain, bukan untuk menggurui, tapi melihat apa yang pernah saya lakukan berguna bagi orang lain lah yang membuat hal ini terasa menyenangkan.

Tentu banyak sekali kekurangan saya, malah mungkin peserta yang ada pengetahuannya lebih banyak dibanding saya. Maka dari itu biasanya saya tidak menyebut sesi seperti itu sebagai pelatihan, tapi lebih  sebagai sesi sharing atau berbagi. Ya, berbagi pengalaman saya tentunya. Dengan begitu, ketika ada hal yang kurang saya pahami saya bisa membuka ruang diskusi kepada peserta, membuat saya tidak merasa malu untuk bertanya dan menerima saran, malah kadang dari para peserta lah saya mendapat pengetahuan baru.  




[coba tebak saya yang mana? Ya benar! yang paling pendek]